Langsung ke konten utama

Cara Investasi Saham Luar Negeri di Pasar Global

Investasi merupakan bagian penting dalam pengelolaan keuangan seseorang. Tanpa investasi, banyak rencana serta tujuan keuangan tidak dapat terwujud. Persoalan berikutnya ingin investasi dimana? 


Investasi Saham Luar Negeri


Sepanjang ini orang fokus pada investasi pasar dalam negara, lokal, sedangkan melupakan investasi pasar global yang banyak menawarkan keuntungan serta kelebihan. Apa platform gampang, murah buat investasi saham di luar negara?


Aku ketahui kalau investasi merupakan bagian berarti dalam perencana keuangan.


Semenjak sebagian tahun kemudian, aku menjajaki seminar ataupun webinar dengan perencana keuangan, senantiasa pesan berartinya merupakan melaksanakan investasi buat menggapai tujuan keuangan.


Salah satu contohnya merupakan dana pembelajaran.


Bagaikan orang tua, aku serta tentu Kamu seluruh mau membagikan pembelajaran terbaik buat anak– anak kita.


Realitasnya, bayaran pembelajaran di Indonesia mahal serta terus menjadi mahal. Belum terdapat ciri– ciri hendak turun.


Metode buat menggapai tujuan mengumpulkan dana pembelajaran yang memadai dapat dicapai jika aku melaksanakan investasi vs tabungan.


Banyak dari kita, aku pula, dahulu berpikir kalau menabung saja lumayan.


Tetapi, itu nyatanya suatu kesalahan( besar).


Menabung tidak hendak lumayan. Aku wajib berinvestasi.


Awal mulanya, Investasi Cuma di Pasar Lokal


Investasi yang aku jalani sepanjang ini fokus di pasar lokal di bermacam instrumen keuangan.


Lokal itu artinya, ya di Indonesia.


Aku beli saham di Indonesia, Reksadana di Indonesia, pokoknya seluruh instrumen keuangan berbasis Rupiah yang lokasinya di Indonesia.


Aku berpikir kalau strategi investasi di pasar negara sendiri merupakan yang terbaik.


Sebab pasar ini yang sangat aku pahami, sangat aku paham.


Tetapi, aku setelah itu membaca satu postingan di bidang Finance yang mengatakan fenomena‘ home- bias’, ialah kecenderungan orang buat melaksanakan transaksi di negeri sendiri, yang mana aksi investasi tersebut belum pasti pas.


Sehabis membaca postingan tersebut, aku jadi terpicu rasa mau ketahui.


Apa betul?


Nyatanya, hasil dari baca– baca lebih lanjut, aku berkesimpulan kalau fenomena‘ home- bias’ merupakan perihal nyata serta hendaknya butuh dihindari.


Mengapa?


Ekonomi Indonesia dalam perekonomian global menyumbang kurang dari 5% jauh dibawah Amerika Serikat serta negeri– negeri maju yang lain.


Logikanya, jika mau investasi, investor hendaknya menempatkan uangnya dalam portofolio yang dipecah cocok dengan proporsi ekonomi dunia.


Simpelnya, investasi Kamu serta aku sangat besar harusnya di pasar USA.


Sebab pasar keuangan USA merupakan sangat besar di dunia.


Ilustrasinya, jika mau investasi di Bursa Dampak Indonesia, Kamu menempatkan proporsi dana terbanyak di saham– saham kapitalisasi sangat besar, misalnya Bank BCA, BRI serta Telkom.


Bukan proporsi terbanyak di saham– saham kapitalisasi pasar kecil.


Keuntungan Investasi di Pasar Global


Dari bermacam rujukan, aku mencatat keuntungan melaksanakan investasi di pasar global, bagaikan berikut:


#1 Diversifikasi Investasi


Salah satu kunci pengelolaan resiko yang baik merupakan melaksanakan diversifikasi.


Don’ t put all your eggs in one basket!


Gimana diversifikasi hendaknya dicoba?


Beli saham sepatutnya cocok dengan global share market, yang menampilkan di bursa mana kinerja saham terbaik.


Pasar saham sangat besar di dunia merupakan Amerika Serikat, memahami 50%+ kapitalisasi pasar saham dunia, sehingga sepatutnya Kamu menempatkan kebanyakan portofolio investasi saham di Wall Street.


Mengapa?


Sebab Wall Street merupakan pasar terbanyak dengan nilai kapitalisasi saham terbanyak, yang kinerjanya pastinya yang sangat menjanjikan.


Kamu dapat amati 100 industri terbanyak di dunia terdapat di USA.


Tetapi dalam prakteknya, para pakar keuangan menciptakan fenomena home- bias, ialah kecenderungan orang mempunyai portofolio saham terbanyak di negeri mereka sendiri, sedangkan negeri mereka tersebut memiliki kapitalisasi pasar lebih kecil di pasar saham global.


Studi Vanguard internasional terkini menciptakan kalau:


Australia: Australian shares accounted for just 2. 4 per cent of the global share market in December 2014 yet Australians collectively held 66. 5 per cent of their portfolios in Australian shares.


Canada: Canadian shares made up 3. 4 per of the global share market yet Canadians collectively held 59 per cent of their portfolios in Canadian shares.


Japan: Japanese shares accounted for 7. 2 per cent of the global share market yet Japanese investors collectively held 55. 2 per cent of their share portfolios in Japanese shares.


UK: While UK shares made up 7. 2 per cent of the global share market, its investors collectively held 26. 3 per cent of their portfolios in UK shares.


US: While US shares accounted for 50. 9 per cent of the global share market, American investors collectively held 79. 1 per cent of their portfolios in US shares.


Jadi fenomena home bias universal terjalin di banyak warga di bermacam belahan dunia.


Dahulu bisa jadi home- bias dapat dimaklumi sebab hambatan melaksanakan investasi saham di pasar internasional, namun saat ini dengan kemajuan teknologi Fintech, pembelian saham lintas negeri dapat dicoba gampang secara online, sehingga diversifikasi di pasar internasional bukan suatu yang susah.


#2 Dapat Beli Saham Industri Keren


Kamu dapat jadi owner saham industri kelas global dengan berinvestasi di pasar internasional.


Berikut ini saham– saham yang aku beli di New York Stock Exchange( NYSE), bursa saham terbanyak di Amerika Serikat, ialah:


McDonald – siapa yang tidak ketahui industri fast food satu ini, apalagi di ujung pelosok Indonesia juga terdapat gerai McDonald dengan standar pelayanan serta mutu santapan yang sama dengan di negeri asalnya.


Starbucks – sebab nyaris tiap hari beli kopi di kedai Starbucks, aku mau jadi bagian bagaikan owner, dengan membeli saham industri ini di NYSE.


Nike – aku pecinta sneakers serta Nike dengan desain sepatu yang ciamik, up to date serta terdepan, bagi aku, masih susah disaingi produsen sepatu yang lain.


Johnson & Johnson – industri obat serta farmasi terbanyak di dunia yang inovasi produknya telah mendunia.


Dari catatan saham diatas, Kamu dapat amati kalau dengan bermain saham di pasar luar negara kita dapat jadi owner industri– industri kelas global yang reputasi serta namanya telah tidak terbantahkan lagi.


Kamu ingin jadi owner Google, Apple, Exxon, Boeing, Facebook, Twitter ataupun yang terkini Uber, dapat seluruhnya, dengan melaksanakan transaksi saham di bursa internasional.


Apakah mahal? Sama sekali tidak!


#3 Produk Bermacam- macam, Terdapat ETF


Saat sebelum menarangkan kalau investasi saham di luar negara itu tidak mahal, aku mau dahulu menarangkan perihal yang pula tidak kalah berarti, ialah tersedianya produk ETF( Exchange Traded Fund) di pasar internasional.


ETF merupakan inovasi produk pasar modal yang sangat sesuai buat investor ritel.


Apa itu ETF?


ETF pada dasarnya merupakan indeks fund yang dijual di pasar saham.


Jika indeks fund, Kamu wajib beli langsung ke Manajer Investasi, yang mana beli langsung ke Manajer Investasi di luar negara tidak gampang buat investor ritel semacam aku sebab( 1) terdapat syarat minimum investasi yang besar( tidak dapat beli cuma 1 lembar);( 2) syarat regulasi di Amerika Serikat menghalangi investor asing ritel membeli ke Manajer Investasi di Amerika Serikat.


ETF mereplikasi isi index fund serta menjual saham ETF di bursa sehingga dapat diakses, jual beli, oleh investor ritel.


Berikut ini contoh ETF dijual di NYSE:


  • VTI– ETF ini tercipta dari seluruh saham di pasar Amerika Serikat, istilahnya Total Market Indices”, sehingga buat Kamu yang mau berinvestasi di seluruh saham di pasar USA tinggal beli ETF VTI tanpa butuh repot wajib beli saham satu per satu.
  • VOO– ETF ini tercipta dari indeks S&P 500 saham industri terbanyak di USA. Kamu lumayan beli ETF VOO buat dapat mempunyai saham di 500 industri terbanyak di Amrik.
  • IJR– ETF fokus pada industri dengan kapitalisasi pasar kecil( small cap), yang mana small cap dipercaya membagikan return lebih besar di pasar saham


Terdapat banyak lagi tipe ETF yang lain, yang sangat menolong investor ritel buat melaksanakan diversifikasi serta meraup keuntungan optimal dengan modal terjangkau.


#4 Dapat Beli 1 Lembar Saham


Perihal lain yang menarik merupakan minimum pembelian saham di New York Stock Exchange( NYSE) merupakan 1 lembar saham.


Betul, Kamu dapat beli cuma 1 saham di bursa Wall Street ini.


Buktinya dapat amati foto dibawah ini dimana aku melaksanakan pembelian 1 lembar saham Nike.


Berbeda dengan di Bursa Dampak Indonesia, minimum pembelian merupakan 100 lembar saham.


Bagi aku, campuran antara kebijakan Zero Commision serta pembelian minimum 1 lembar saham, sangat menolong investor ritel yang dana investasinya lumayan terbatas buat melaksanakan investasi saham.


#5 Akses Riset


Broker di luar negara sediakan laporan studi ada lengkap.


Aku sempat memakai salah satu broker yang sediakan data studi yang ada,, ialah:


  • Market– Studi pasar secara universal di USA, developed countries serta emerging markets
  • Stocks– Studi masing– masing saham
  • Options– Studi soal Options
  • ETF– Studi soal ETF
  • Mutual Fund– Studi soal Reksadana.


Kelengkapan data ini pasti saja sangat penting


#6 Hedging Valas


Investasi di saham luar negara secara tidak langsung menolong melaksanakan hedging terhadap peninggalan kita, prediksi bila nilai mata duit Rupiah hadapi fluktuasi terhadap US$.


Dengan keadaan Rupiah saat ini serta masih tingginya defisit transaksi berjalan( lebih banyak impor daripada ekspor di ekonomi Indonesia), fluktuasi Rupiah terhadap mata duit US$ serta Euro merupakan suatu mungkin senantiasa hendak terjalin.


Sebagai investor, perihal yang dapat kita jalani mengalami resiko nilai ubah ini merupakan melaksanakan hedging, salah satunya dengan investasi saham di luar negara.


Disamping resiko nilai ubah, energi beli mata duit US$ relatif lebih kokoh dibanding mata duit lain, yang dicerminkan dari inflasi di US lebih rendah dibanding di Indonesia.


Apa implikasinya?


Walaupun return investasi saham di pasar luar negara, misalnya Amerika Serikat, lebih rendah dibanding di pasar Bursa Dampak Indonesia( BEI) namun sebab energi beli mata duit US$ lebih kokoh hingga nett return( sehabis dikurangi inflasi) hendak lebih baik di Amerika Serikat.


#7 Good Governance


Pasar saham di Wall Street telah berjalan puluhan tahun dengan kapitalisasi pasar terbanyak di dunia dikala ini.


Pasar saham di Amerika Serikat mempunyai jatah 50%+ dari total pasar saham global.


Besarnya transaksi di pasar yang diiringi tingginya likuiditas, membuat mungkin‘ saham gorengan buat eksis jadi lebih kecil sebab diperlukan dana yang sangat besar buat dapat memanipulasi harga saham di pasar sebesar Wall Street.


Disamping itu, lamanya umur bursa Wall Street membuat regulasi serta penegakkan hukum telah terinstitusi dengan baik, sehingga saham gorengan dapat lebih diminimalisir( walaupun mungkin senantiasa terdapat, meski kecil).


Cara Investasi di Pasar Global


Gimana metode melaksanakan investasi di pasar global?


Ini persoalan yang timbul di benak aku, sehabis ketahui kalau investasi di pasar global itu berarti.


Sebagian tahun kemudian, aku merasa kalau investasi di pasar global itu susah serta tidak dapat diakses. Jauh sekali rasanya.


Namun saat ini, masa kemajuan teknologi, Fintech, sudah bawa banyak pergantian, tercantum soal investasi global.


Segalanya jadi lebih gampang serta accessible.


Salah satu platform yang sediakan sarana serta layanan buat transaksi global merupakan eToro.


eToro merupakan jaringan trading sosial terkemuka dunia semenjak 2007, dengan jutaan pengguna yang telah terdaftar, serta menawarkan bermacam layanan trading serta investasi yang inovatif.


Dikala ini tercatat kalau 13 juta orang di segala dunia memakai eToro bagaikan platform trading buat investasi mereka.


sumber

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Belajar Digital Marketing Terlengkap untuk Pemula

Saat ini zamannya digital marketing. Nyaris seluruh industri di dunia memakai strategi pemasaran ini. Sebabnya, metode ini lebih kilat, lebih gampang serta lebih luas menjangkau konsumen.


Bila Kamu tidak menerapkannya, bisa- bisa kompetitor sukses memahami pasar untuk produk Kamu. Pasti perihal ini tidak Kamu mau, bukan?

Nah, buat bisa melaksanakan langkah digital marketing yang baik, terdapat sebagian perihal yang butuh dipahami. Kami sudah merangkumnya buat Kamu. Jadi, Kamu tidak butuh takut.

Apa saja yang hendak kami bahas?


Google BisniskuWhatsApp BisnisWebsiteEmail ResmiBuyer PersonaCopywritingSEOSEMSocial Media MarketingEmail Marketing

Lumayan banyak, ya? Saat sebelum mengulasnya satu per satu, ayo pelajari penafsiran digital marketing terlebih dulu.

Apa itu Digital Marketing?
Digital marketing merupakan upaya pemasaran produk dengan memakai media digital serta jaringan internet.

Banyak kelebihan digital marketing dibanding upaya pemasaran tradisional. Kelebihan tersebut merupakan k…

4 Jenis Investasi Yang Cocok Untuk Pemula

4 Jenis Investasi Yang Cocok Untuk Pemula - Kalian mau mulai berinvestasi tetapi bimbang tipe investasi yang sesuai buat pendatang baru semacam kalian?


Tenang saja!
Di jaman serba mutahir semacam saat ini, banyak sekali tipe investasi menguntungkan yang dapat kalian temukan, jadi kalian tinggal memilah tipe investasi mana yang kira- kira sesuai buat kalian.
Kunci utama dalam berinvestasi merupakan jangan sempat menyangka sepele perihal kecil sekalipun, sebab dapat saja perihal kecil tersebut bisa berakibat besar terhadap keuntungan investasi kalian, ataupun apalagi perihal tersebut bisa membuat kerugian dalam investasi kalian.
Banyak orang yang tidak menyadari, apalagi tidak ingin ketahui, gimana berartinya berinvestasi. Orang- orang yang siuman hendak berartinya investasi tentu hendak memikirkan baik- baik,
mana duit yang wajib ditabung serta mana yang wajib diinvestasikan.
Supaya kalian lebih terencana dalam memastikan tipe investasi yang hendak kalian seleksi, berikut 4 tipe investasi ya…

7 Peluang Bisnis Online Rumahan Gratis Tanpa Modal

Tahun 2020 ini bekerja dari rumah telah jadi gaya kerja banyak orang. Sebagian orang lebih suka bekerja dari rumah dari pada wajib bekerja di kantor. Banyak sekali aspek penyebabnya, mulai dari jam kerja yang mengikat, minimnya waktu dengan keluarga, hingga kemacetan kemudian lintas yang terjalin nyaris tiap hari.


Terdapat banyak pekerjaan yang dapat dijalankan dari rumah. sebagian besar orang memilah bisnis online rumahan bagaikan metode memperoleh pemasukan. Sebab dengan bisnis online, Kamu tidak butuh menyewa tempat buat berbisnis, modal yang diperlukan pula relatif kecil.

Lumayan dengan internet serta laptop ataupun smartphone( HP) Android ataupun iPhone( iOS), Kamu dapat menciptakan duit. Bila Kamu masih bimbang mau melaksanakan usaha apa dirumah, dibawah ini hendak dibahas 7 tipe bisnis yang dapat Kamu coba di rumah.

7 Bisnis Online Rumahan Tanpa Modal yang Layak Dicoba

Bisnis online memanglah lumayan menjanjikan. Kamu tidak butuh keluar rumah, lumayan duduk di depan laptop serta…