Langsung ke konten utama

4 Alasan Mengapa Anda Harus Memilih Investasi Emas Batangan

Investasi emas saat ini sedang menjadi tren. Seperti yang telah kita ketahui logam mulia termasuk ke dalam jenis logam mulia yang paling sering dibuat menjadi sebagai perhiasan seperti cincin, gelang, kalung, anting, bahkan tiara. Jadi, sudah sewajarnya bukan jika kita kerap melihat logam mulia ini, bukan?


Investasi Emas Batangan


Selain dimanfaatkan sebagai perhiasan yang melingkar pada jemari, tangan, hingga leher, dahulu logam mulia juga dimanfaatkan sebagai alat tukar berbentuk koin bersama koin perak dan koin perunggu. Seiring berkembangnya zaman, penggunaan emas kini berkembang menjadi alat investasi yang lebih dikenal dengan istilah Investasi emas.


Tahukah Anda jika emas tidak hanya berwarna kuning, melainkan juga memiliki beragam warna jika dalam pembuatannya dipadukan dengan jenis logam lain? Beberapa warnanya di antaranya logam mulia putih, rose gold, green gold, blue gold, jingga, cokelat, abu-abu, hingga ungu.


Dengan begitu, tidak heran bukan jika logam mulia ini diminati oleh masyarakat dari kalangan manapun. Oleh karena itu, Investasi emas kian menjamur mengingat hasil manis dapat dipetik masa mendatang. Berikut ini merupakan empat alasan mengapa kita harus memilih investasi logam mulia batangan. Silakah menyimak!


Investasi Lebih Praktis 


Apabila Anda memilih deposito, maka jika sewaktu-waktu membutuhkan uang, Anda tidak akan bisa mencairkannya hingga batas waktu yang telah ditentukan. Begitu pula dengan menjual tanah, butuh waktu yang tidak menentu untuk menjualnya. Hal ini tentunya akan berbeda jika kita memilih untuk Investasi emas batangan.


Apabila memilih logam mulia batangan, maka Anda dapat menjualnya sewaktu-waktu. Dengan begitu, tentunya Anda bisa mendapatkan uang dengan waktu yang cepat. Selain itu, logam mulia dapat dijual di berbagai tempat sehingga kita bisa membandingkan harga jual kembali yang paling menguntungkan.


Investasi emas batangan sangat disarankan mengingat dalam bentuk inilah emas dinilai simpel. Perbedaan beratnya pun cukup dilihat dari ukurannya yang sederhana ini. Dengan begitu, Anda akan dimudahkan sewaktu membawa atau menyimpan logam mulia batangan ini dibandingkan dengan menyimpan tumpukan uang dan perhiasan.


Mengingat sifatnya cukup simpel dan mudah dibawa, besar kemungkinan untuk mudah hilang atau dicuri oleh orang lain. Oleh karena itu, jika memiliki emas batangan untuk investasi, pastikan Anda telah menyediakan tempat khusus, bahkan bisa menyewa tempat di di bank maupun pegadaian.


Investasi yang Mudah


Anda bisa mendapatkan logam mulia batangan di mana-mana. Dengan begitu, dapat dikatakan bahwa Investasi emas batangan terbilang lebih mudah. Emas batangan tersedia di berbagai toko yang menjual logam mulia seperti toko logam mulia atau toko perhiasan. Apabila tidak langsung tersedia, biasanya kita bisa memesannya terlebih dahulu.


Anda bahkan bisa membelinya pada reseller yang saat ini sedang banyak bermunculan. Anda bisa membelinya di mana pun selama emas batangan tersebut memiliki sertifikat keaslian. Apabila logam mulia batangan yang hendak dibeli tidak memiliki sertifikat keaslian yang menyertainya, maka sebaiknya Anda mengurungkan niat.


Pastikan Anda melakukan Investasi emas dengan benar. Pastikan Anda teliti agar tidak tertipu. Belilah logam mulia batangan di tempat yang terpercaya dan pastikan emas batangan yang dibeli asli dan memiliki sertifikat keaslian. Dengan begitu, kita tinggal menunggu hasil manis di masa yang akan datang.


Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya, logam mulia batangan tidak hanya mudah didapatkan, melainkan juga mudah untuk dijual. Dengan dilengkapi sertifikat keaslian, Anda bisa menjual logam mulia di mana saja, mulai di toko emas, toko perhiasan, bahkan pada perorangan.


Investasi Lebih Menguntungkan


Jika dibandingkan dengan instrumen lain, nilai logam mulia terbilang stabil. Selain itu, harganya juga tidak mudah goyah meskipun berada di tengah fluktuasi inflasi dan kondisi ekonomi yang bergejolak. Oleh karena sifatnya yang mudah dicairkan, tidak heran jika banyak orang memilih untuk melakukan Investasi emas.


Sebagian besar investor global bahkan telah mendiversifikasi asetnya ke logam mulia guna menghindari kerugian akibat iklim ekonomi lesu akibat pandemi saat ini. Lebih lanjut, perlu kita ketahui bahwa memilih emas batangan untuk Investasi emas lebih baik jika dibandingkan dengan perhiasan.


Sewaktu kita membeli perhiasan, maka penjual akan menyertakan biaya pembuatan di samping kadar emas yang ada pada perhiasan tersebut. Sebaliknya, jika kita menjual kembali perhiasan tersebut, maka pihak pembeli cenderung hanya akan menilai kadar yang terkandung dan tidak menghiraukan biaya pembuatan.


Anda akan merugi jika memilih perhiasan. Sebaliknya, jika Anda memilih untuk menginvestasikan logam mulia batangan maka bisa mendapatkan harga jual yang murni sesuai dengan beratnya emas bahkan semakin lama kita menyimpan logam mulia, maka harga emas akan terus melonjak. Dengan begitu, kita akan diuntungkan, bukan?


Investasi dengan Modal Kecil 


Anda bisa melakukan Investasi emas batangan dengan berbagai macam cara. Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya, kita bisa membelinya langsung di toko logam mulia, toko perhiasan, maupun reseller, bahkan bisa membeli emas batangan secara online.


Anda bisa membeli logam mulia dalam bentuk batangan secara online melalui aplikasi seluler yang saat ini sudah banyak disediakan oleh sebagian besar penjual emas. Dengan Investasi emas secara online, maka memungkinkan kita untuk membeli logam mulia dalam nominal kecil dengan begitu akan lebih terjangkau, bukan?


Meskipun membeli secara online tidak dimiliki secara langsung atau secara fisiknya, maka bukan berarti Anda tidak memiliki logam mulia tersebut. Sederhananya, Anda hanya menitipkan logam mulia tersebut yang telah dicatat di akun. Apabila Anda ingin memilikinya secara fisik, maka logam mulia tersebut akan dikirimkan ke lokasi tujuan.


Jadi, bagaimana? Apakah Anda ingin buru-buru berinvestasi dalam emas batangan? Jika iya, maka jawabannya adalah Modal Rakyat. Sebagai P2P Lending yang mampu memberikan keuntungan mulai 15 hingga 25 persen per tahun, Modal Rakyat bisa menjadi alternatif Investasi emas Anda.


sumber

Komentar