Langsung ke konten utama

Manfaat Digital Marketing Bagi Perusahaan dan Bisnis UKM

Apa sih khasiat digital marketing untuk bisnis UKM? Tidak sedikit orang yang menyangka digital marketing merupakan perihal yang sepele, bisa jadi Kamu salah satunya.

Kenyataannya, semenjak tahun 2014 silam iklan di internet telah mengalahkan iklan di Televisi serta jaringan Televisi kabel. Bisa jadi dikala ini perbandingannya telah sangat jauh.

Manfaat Digital Marketing Bagi Perusahaan dan Bisnis UKM

Pemasaran digital multi- channel sudah bertambah pesat serta meninggalkan jauh periklanan konvensional. Tidak hanya itu, brand- brand besar di segala dunia telah sangat jamak memakai strategi digital marketing.

Kemudian gimana dengan bisnis UKM?


Lumayan banyak pelakon usaha kecil menengah yang menyangka kalau digital marketing itu ribet serta sangat rumit. Kenyataannya, pemasaran digital itu tidak serumit yang Kamu pikirkan selamat ini. Malah pemasaran digital lebih gampang serta membagikan khasiat besar untuk para pebisnis UKM.

Manfaat Digital Marketing Bagi Perusahaan dan Bisnis UKM


1. Tersambung Dengan Konsumen Secara Online

Bila dahulu konsumen mencari data produk lewat media cetak, saat ini tidak lagi. Sebagian besar konsumen jaman saat ini lebih memilah mencari data tersebut via online sebab dikira lebih gampang serta kilat.

Untungnya, saat ini ini terdapat banyak kanal yang digunakan bagaikan media pemasaran digital. Dengan begitu para pelakon bisnis UKM bisa menjangkau calon konsumen mereka lebih gampang serta kilat, ialah via online.

2. Konversi Penjualan Jauh Lebih Tinggi

Lewat bermacam kanal pemasaran digital, bisnis UKM dapat menjangkau calon konsumen yang tertarget. Misalnya lewat search engine.

Calon konsumen yang tertarget artinya merupakan mereka yang memerlukan produk yang ditawarkan oleh UKM serta mencarinya lewat search engine. Pada biasanya calon konsumen dari mesin pencari konversinya sangat besar.

3. Bayaran Pemasaran Lebih Hemat

Apabila menyamakan bayaran pemasaran digital dengan pemasaran konvensional, rata- rata pengusaha sepakat kalau pemasaran digital lebih efektif dari sisi bayaran.

Pastinya bayaran ini jadi konsen berarti untuk usaha kecil yang memiliki sumber energi terbatas. Tidak hanya dapat lebih berhemat, pemasaran digital pula hendak menciptakan penjualan serta konsumen baru.

4. Bisa Melayani Konsumen Secara Real- Time via Internet

Dengan pemasaran digital, bisnis UKM bisa langsung merespon konsumen secara real time. Ini hendak membagikan akibat besar untuk penjualan.

Bisnis UKM hendak memperoleh keuntungan dari layanan konsumen secara real time, ialah menciptakan penjualan lebih besar, membagikan kepuasan pada konsumen, serta melindungi kesetiaan para pelanggan.

5. Menjangkau Pengguna Mobile

Kenyataannya, jumlah pengguna mobile( smartphone) di Indonesia dikala ini hadapi perkembangan yang sangat besar. Pastinya trafik dari mobile sangat berpotensi menaikkan keuntungan untuk para pengusaha.

Para pengguna mobil memakai smartphone mereka nyaris tiap dikala. Ini pengaruhi sikap mereka dalam berbelanja serta mencari data.

6. ROI Jadi Lebih Tinggi

Banyak laporan yang berkata kalau pemasaran digital mempunyai Return of Investment( ROI) yang lebih baik dibanding pemasaran konvensional, apalagi lebih baik dari telemarketing.

7. Melindungi Posisi Pada Persaingan Bisnis

Persaingan bisnis dari bermacam brand hendak nampak kala mereka silih berlomba dengan campaign digital marketing mereka.

Serta itu sangat gampang kita temukan saat ini ini, dimana para pebisnis menggunakan bermacam kanal pemasaran digital buat promosi, misalnya iklan PPC, Media Sosial, serta lain- lain.

8. Tingkatkan Pendapatan

Maraknya tren transaksi online teruji bisa tingkatkan pemasukan para pengusaha UKM. Kala konsumen yakin pada suatu bisnis, mereka dapat berbelanja lebih banyak. Pastinya ini sangat bagus buat bisnis.

9. Dapat Bersaing dengan Industri Besar

Bila dahulu bersaing dengan industri besar ialah aksi yang percuma, hingga dengan dorongan digital marketing perihal ini dapat dicoba.

Dengan strategi digital marketing yang pas, bisnis UKM tidak cuma dapat mensejajarkan diri dengan industri besar, tetapi dapat bersaing head to head.

10. Mempersiapkan UKM buat Masa Internet of Things

Banyak laporan yang berkata kalau pada tahun 2020 diprediksi hendak terdapat 26 miliyar gadget, mulai dari smartphone, tablet, jam tangan, kaca mata, sepatu, serta perlengkapan yang lain yang tersambung dengan ekosistem online secara global. Ini hendak membentu masa baru, ialah masa Internet of Things.

Memandang fakta- fakta ini, pasti saja para owner bisnis UKM tidak boleh berdiam diri ataupun cuma hanya menjajaki arus saja.

Memandang Tingkatan Keyakinan Konsumen

Bagi suatu infografis yang disajikan oleh web Busines2Community. com, tingkatan keyakinan konsumen online dikala ini lumayan besar. Berikut informasinya buat kawasan Asia Tenggara:


  • Search engine: 57%
  • Sosial media: 53%
  • Video online: 52%
  • Online banner: 47%


Sampai dikala ini, iklan- iklan di mesin pencari( spesialnya Google) masih mempunyai kredibilitas paling tinggi. Sebanyak 57% konsumen mengindikasikan yakin pada kanal iklan di mesin pencari. Media sosial serta iklan video online menemukan keyakinan dari konsumen online sebesar 52%– 53%.

Dari data ini kita dapat memandang begitu besarnya khasiat digital marketing untuk para pelakon bisnis UKM di Indonesia. Dengan terdapatnya digital marketing ini, para pengusaha UKM tidak cuma hendak sanggup bersaing dengan industri besar di dalam negara, tetapi pula dapat bicara banyak di market luar.

Komentar